Home » » Pengertian Text Mining

Pengertian Text Mining

www.nandapriatna.blogspot.co.id
     Text mining adalah proses ekstraksi pola berupa informasi dan pengetahuan yang berguna dari sejumlah besar sumber data teks, seperti dokumen Word, PDF, kutipan teks, atau sebagainya. Text mining memiliki tujuan untuk mendapatkan informasi yang berguna dari sekumpulan dokumen. Jadi, sumber data yang digunakan pada text mining adalah kumpulan teks yang memiliki format yang tidak terstruktur atau minimal semi terstruktur.

      Text mining merupakan penerapan konsep dan teknik data mining untuk mencari pola dalam teks, yaitu proses penganalisisan teks guna mendapatkan informasi yang bermanfaat untuk tujuan tertentu. Berdasarkan ketidakteraturan struktur data teks, maka proses text mining memerlukan beberapa tahap awal yang pada intinya adalah mempersiapkan agar teks dapat diubah menjadi lebih terstruktur.

     Adapun tugas khusus dari text mining antara lain yaitu pengkategorisasian teks (text categorization) dan pengelompokan teks (text classification or clustering). Classification atau Klasifikasi adalah pengelompokan data berdasarkan atribut (ciri). Sedangkan Clustering atau Kelastering adalah pengelompokan data berdasarkan kemiripan data.
Terimakasih telah membaca artikel Pengertian Text Mining . Jangan lupa share ya

Subscribe to receive free email updates:

0 komentar:

Post a Comment