Home » » Cara Menyetem Gitar Untuk Pemula yang Sangat Mudah

Cara Menyetem Gitar Untuk Pemula yang Sangat Mudah

Salah satu hal yang bikin mood bermain gitar menurun yaitu gitarnya fals (alias ngga nyetem). Tapi itu hanya berlaku bagi yang belum bisa menyetem gitar ;). Nah, maka dari itu saya ingin mencoba share bagaimana cara menyetem gitar manual dengan mudah.
Sebenarnya ada berbagai metode yang bisa dilakukan untuk menyetem gitar ini. Tapi dari sekian metode yang sudah saya coba, menurut saya metode inilah yang paling simpel dan mudah untuk dipraktekkan khususnya bagi pemula.

Langkah pertama, kita tentukan terlebih dahulu nada senar ke-6 (senar yang paling atas). Sesuaikan dengan feeling teman-teman (bebas). Tapi jangan terlalu rendah dan juga jangan terlalu tinggi. Kalau senar ke-6 nya terlalu tinggi atau terlalu kencang, khawatir senar yang lainnya putus karena senar ke-6 inilah yang akan menentukan nada gitar kita. Tapi kalau kerendahan juga nanti suaranya kurang enak didengar.

Setelah melakukan langkah tersebut, ikuti langkah-langkah berikut ini:
Beress deh nyetem gitarnya. Kita sudah bisa genjreng-genjreng nyanyi-nyanyi. Tapi dengan mengikuti langkah-langkah diatas, nada gitar kita tidak mengikuti nada standar yang telah ditentukan. Artinya, nada gitar kita akan berbeda dengan gitar orang lain diluar sana pada umumnya misalnya gitarnya Dewa Bujana gitarist Gigi. Why...? Karena pada langkah pertama tadi, kita tentukan nada senar keenamnya dengan feeling.
Parahnya lagi ketika kita mencoba mengikuti sebuah alunan lagu dari handphone atau mp3 ternyata chord yang kita mainkan berbeda dengan chord yang ada di buku lagu.
Lalu bagaimana caranya menyetem supaya nada gitar kita menjadi standar? Teman-teman gausah galau, karena caranya mudah lho.
Kita tinggal melakukan perubahan pada langkah pertama tadi (hanya langkah pertama) yang awalnya kita menentukan nada senar keenam dengan feeling kemudian kita ubah nada senar keenam menjadi nada E. Sekali lagi, buat nada senar keenam menjadi nada E. Untuk lebih jelasnya baca artikel: Cara menyetem gitar standar.

Terimakasih telah membaca artikel Cara Menyetem Gitar Untuk Pemula yang Sangat Mudah. Jangan lupa share ya

Subscribe to receive free email updates:

0 komentar:

Post a Comment