Home » » Cara membaca tabulasi gitar (part 2)

Cara membaca tabulasi gitar (part 2)

Artikel ini adalah lanjutan dari Cara Membaca Tabulasi gitar (part1). Untuk memahami  Cara Membaca Tabulasi gitar (part2) ini, tentunya Anda harus paham & menguasai  artikel Cara Membaca Tabulasi gitar (part1). Ok langsung aja ke materi....
Selain menyajikan angka-angka, tabulasi juga memberikan notasi-notasi mengenai cara sebuah nada dimainkan. Notasi-notasi tersebut sebagai berikut.

1. Hammers-On

Mula- mula bunyikan nada pertama. Sebelum nada tersebut hilang, tekan nada selanjutnya dengan jari yang lain tanpa dipetik lagi.                                                                                                

2. Pull-off


Letakkan kedua jari pada kedua nada yang ditunjukkan. Bunyikan naa pertama (nada yang lebih tinggi) dan kemudian jari yang menekan nada pertama tersebut dilepas agar terdengar nada yang ditekan jari yang satunya. Pull-off merupakan kebalikan dari hammers-on.                                                                                     3. Slide/Gliss
Bunyikan nada pertama yang ditunjukkan. Sebelum nadanya hilang, geser jari yang menekan nada tersebut ke nda berikutnya.

4. Slide/Gliss and Restrike
Hampir sama dengan slide tetappi nada kedua dibunyikan setelah menggeser jari yang menekannya.

5Vibrato
Teknik ini dilakukan untuk menghasilkan nada yang bergetar. Caranya bunyikan nada yang ditunjuk dan kemudian gerak-gerakkan jari yang menekan dawai tersebut ke atas dan ke bawah secara cepat. 

6. Semitone and Whole Tone Bend
Teknik bend merupakan teknik untuk menaikkan nada yang dimainkan dengan cara mengangkat dawai ke atas dengan jari yang menekan dawai tersebut. Semitone bend dan Whole bend dilakukan dengan cara yang sama. Namun, semitone bend menghasilkan nada ½ atau lebih rendah daripada whole bend.

7. Bend and Release
Setelah melakukan  bend dan sebelum nadanya hilang, turunkan dawai agar mencapai nada semula.

8. Harmonic
Harmonic dilakukan dengan cara membunyikan dawai dengan tidak menekannya, tetapi hanya menyentuhnya sedikit. Nada yang dihasilkan akan terdengar sedikit perkusif.


9.  Finger Muting
Bunyikan dawai dan tahan dengan jari yang menekan dawai agar tidak bergetar dan hanya menghasilkan bunyi perkusif.

10.  Palm Muting
Bunyikan nada yang ditunjuk dan tempelkan tangan yang digunakan untuk memetik pada dawai gitar agar dihasilkan suara yang berat. Teknik ini biasanya digunakan oleh pemusik rock.

Notasi tabulasi di atas merupakan notasi-notasi yang paling sering muncul dalam tabulasi lagu populer. Semoga artikel bermanfaat bagi kita semua khususnya pembaca.
Selamat Mencoba....!!!
Terimakasih telah membaca artikel Cara membaca tabulasi gitar (part 2). Jangan lupa share ya

Subscribe to receive free email updates:

0 komentar:

Post a Comment