Home » » Tips/cara Menajamkan Daya Ingat

Tips/cara Menajamkan Daya Ingat

            
   Nach kali ini sya akan berbagi tips untuk menajamkan daya ingat supaya sobat semua tidak mudah lupa kaya lagunya kuburan band “lupa.. lupa.. lupaa.. lupa lgi syairnya” ...  J J
             
   Berikut adalah beberapa tips untuk menajamkkan daya ingat : 




  •      Membayangkan  Gambar Dalam Pikiran
Cara pertama yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan daya ingat adalah dengan membayangkan gambar dalam pikiran. Cara ini juga sering disebut dengan istilah imajeri visual.
Misalnya, Amerika Serikat menumbangkan Rezim Saddam Husssein di Irak, maka kita membayangkan bahwa bagaimana negara Irak yang kecil (lebiih kecil dari Amerika) dengan jumlah militer yang sedikit, dapat melawan Amerika yang egoisme dan dengan kekuatan persenjataannya yang hebat. Tentu jawabannya adalah Negara Irak akankalah atau tumbang, bukan???
Cara ini sangat efektif untuk mempertajam daya ingatan.
  •   Menstrukturkan Informasi
           Cara semacam ini juga sering disebut dengan istilah mengorganisasikan informasi.
Misalnya, pada saat menerima berbagai macam pelajaran dari guru di sekolah, setiap siswa, menerima pelajaran yang berbeda setiap harinya. Semua pelajaran itu harus diingat, dihafal, dimengerti, dan di praktikkan. Untuk bisa menguasai itu semua, maka cara yang harus dilakukan oleh sobat2 semua adalah dengan cara menyusun setiap pertemuan di kelas dalam satu minggu, sesuai dengan waktu kejadian. Selanjutnya, menstrukturkan informasi dengan cara mengelompokkan materi-materi pelajaran berdasarkan tingkatan atau urutan dari yang besar sampai pada tingkat yang kecil.   
  •     Mencari Perantara
Mencari perantara sering juga disebut dengan istilah mediasi. Banyak cara yang dilakukan untuk menemukan perantara agar mudah ingat terhadap sesuatu. Misalnya, menghubungkan kata yang familiar dalam pikiran. Sebagai contoh, agar mudah ingat dengan kata “nashuha” yang berarti seterusnya dan selama-lamanya, maka  kata tersebut disandingkan dengan  kata “ taubat” yang berbunyi “taubatan nashuha”.
Cara lain yang dilakukan untuk menemukan perantara ingatan adalah membuat singkatan kalimat-kalimat yang familiar. Misalnya, membuat singkatan nama-nama instansi yang terkenal, nam tokoh, nama negara, atau disingkat dengan kata apa saja yang mudah diingat. Sebagai contoh, untuk mengingat rumus matematika yang bernama Rumus Bangun Datar maka dapat disingkat dengan  kata RUDAR.  


  •  Simbol
Banyak hal yang dijadikan simbol ingatan, seperti  simbol huruf, angka, gambar, dsb. Sebagai contoh, untuk mengingat nama negara Libya, maka sobat2 semua menggunakan simbol minyak, karena negara tersebut kaya akn minyak. Contoh lain, untuk mengingat Thomas Alpha Edison dengan menggunakan simbol lampu, karena beliau adalah penemu bola lampu.  


  •    Pendekatan Multimodel
Pendekatan ini berbentuk pengulangan, perhatian terfokus pada rincian isyarat, menggunakan kode semantik, dan melibatkan aspek-aspek emosional terhadap bahan yang ingin diingat, karena daya ingat dipengaruhi oleh kondisi mental, fisik, sikap terhadap ingatan, dan konteks sosial. Penyebab lainnya adalah bahwa kondisi fisik yang lemah, lingkungan yang tidak kondusif, kesibukan kerja, banyak masalah akan membuat daya ingatan berkurang. Oleh karena itu, cara yang dilakukan untuk mengembalikan daya ingat adalah dengan cara menjaga  kondisi fisik, lingkungan yang kondusif, serta kerja yang rileks dan semangat.  


  •   Menjaga Faktor Makanan
Makanan mempunyai pengaruh yang sangat besar untuk mempertajam daya ingat. Pepatah dalam bahasa Inggris berbunyi “you are what you eat” , yang artinya apa yang anda makan, selain menggambarkan kesehatan fisik dan emosi anda, juga akan mempengaruhi keadaan pikiran dan keshatan sel-sel otak anda.
Berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat menajamkan daya ingat :
§  Ikan yang mengandung banyak lemak
§  Sayuran berwarna hijau maupun yang memiliki empat kelopak bunga
§  Avokad, minyak sehat (Olive Oil, Canola Oil)
§  Kacang-kacangan, biji-bijian
§  Cokelat murni
§  Kurkumin (kunyit, temu  lawak, dll)
§  Beras merah
§  Air Putih
§  Pegagan (daun kaki kuda, antanan)
Sekian tips dari saya semoga bermanfaat...
                Selamat Mengamalkan...!!!

Terimakasih telah membaca artikel Tips/cara Menajamkan Daya Ingat. Jangan lupa share ya

Subscribe to receive free email updates:

4 komentar:

  1. Kira-kira bisa dicoba gga yahhh? ? ? ? ?

    ReplyDelete
  2. Apa salahnya mencoba...? Apalagi utk kebaikan...rasakan manfaatnya

    ReplyDelete
  3. mantabs gan, ternyata banyak sekali macam-macam cara untuk menajamkan fungsi otak, oya bagi yang pengen tambahan rreferensi, mampir juga dimari gan
    http://wa1tips.blogspot.com/2014/05/mengasah-fungsi-otak.html

    thanks

    ReplyDelete