Home » » Rahasia Tempat Dan Waktu Belajar Yang Efektif

Rahasia Tempat Dan Waktu Belajar Yang Efektif

  Belajar selalu identik dengan tempat formal, seperti di ruang tertutup, di bangku, di depan meja, di sekolah, atau di ruang belajar. Namun tidak demikian, kegiatan belajar dapat dilakukan di banyak tempat. Ada pepatah mengatakan “seorang manusia tidak bisa belajar di suatu tempat yang tidak diinginkan hatinya”.
  Okee sekarang kita masuk pada intinya. Berikut ini adalah tempat dan waktu belajar yang efektif :






  • ·         Belajar di Dekat Air
Belajar didekat tempat air mengalir seperti sungai bebatuan atau air mancur memberikan pengaruh besar terhadap sel-sel otak. Aliran air memberi kesegaran terhadap sekelilingnya dan dapat menciptakan kesejukan dalam otak, yang pada akhirnya meningkatkan daya hafalan. Tentu saja sungai yang dipilih adalah sungai yang tergolong bersih, airnya jernih, dan terdapat batu-batu besar untuk dijadikan sebagai tempat duduk.


  • ·         Tidak Belajar di Perpustakaan
Kebanyakan orang menganggap bahwa perpustakaan adalah tempat yang representatif untuk belajar. Alasan utamanya adalah karena didalam perpustakaan terdapat banyak buku yang bisa dibaca.
Namun tidak demikian, karena diperpustakaan banyak kerumunan pengunjung (paling tidak lebih dari satu orang) yang bisa mengganggu konsentrasi belajar. Walupun diperpustakaan banyak terdapat buku yang memuat berbagai macam literaturkeilmuan, namun diperpustakaan juga banyak terdapat pengunjung. Sebaliknya, belajar ditempat yang sepi (paling tidak terhindar dari kegaduhan dan kebisingan) adalah cara yang sangat tepat bagi kerja otak untuk memudahkan memahami materi yang dipelajari.
Tapi bukan berarti sobat2 semua tidak boleh ke perpustakaan (sama sekali bukan). Ke perpustakaan itu harus, tapi hanya sebagai tempat pencarian literatur keilmuan, meminjam buku dan mengembalikannya, mencari judul buku, tanpa harus membaca dan mempelajarinya di perpustakaan.


  • ·         Tidak Belajar dengan Bantuan Elektronik
Penggunaan teknologi seperti komputer dan internet memang sebuah keharusan di zaman modern seperti saat ini. Tidak belajar dengan bantuan elektronik bukan berarti GapTek ( gagap teknologi). Kemajuan teknologi harus dipilah agar tidak merusak kecerdasan. Teknologi harus digunakan di tempat dan waktu yang tepat.
Pasalnya, bila belajar sambil menggunakan media internet, maka kecanggihan internet justru akan mengganggu konsentrasi otak. Demikian halnya bila belajar dengan media televisi, tape recorder  ataupun radio.


  • ·         Belajar di Waktu Pagi
Pagi hari, khususnya setelah bangun tidur, sangat sesuai dengan kondisi otak yang baru saja beristirahat panjang. Karena itu, suasana pagi sangat sesuai bagi otak untuk belajar, karena suasana masih terasa sejuk, bersih, nyaman, dan tenang. Hendaknya kita juga harus memilih tempat yang bisa digunakan untuk duduk dengan posisi badan tegak, tidak bungkuk, dan yang pasti jarak antara buku dengan mata kurang lebih 30 cm.

Sekian tips dari saya. Semoga bermanfaat.
Selamat mencoba....!!!
Terimakasih telah membaca artikel Rahasia Tempat Dan Waktu Belajar Yang Efektif . Jangan lupa share ya

Subscribe to receive free email updates:

0 komentar:

Post a Comment